Optimalisasi Kelincahan Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Tradisional Gobak Sodor di SD Islam Ar Rohmah Tulungagung

Authors

  • Rio Widias Pradana Pradana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Reo Prasetiyo Herpandika Herpandika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Weda Weda Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.595

Keywords:

Optimalisasi, Kelincahan, Gobak Sodor

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan kelincahan dengan permainan tradisional. Jenis penelitian menggunakan eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa SD Islam Ar Rohmah Tulungagung yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji mean beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 untuk siswa laki-laki dan untuk siswa perempuan mendapatkan nilai sig 0,003 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional Gobak Sodor dapat mengoptimalkan kelincahan siswa.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bernhardin, D. (2021). Pengaruh Olahraga Permainan Tradisional Hadang terhadap Kelincahan Siswa The Influence of Traditional Game Sports Barriers on Student Agility. Journal of Physical and Outdoor Education, 3(1), 79–85.

Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 23–30.

Fitriani, A., & Syaifullah. (2024). Peningkatan Kesadaran Kesehatan Mental pada Remaja Melalui Promosi Kesehatan Mental. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 404–409.

Fuady, I. A., Puji, R., As-Sahih, A. A., Muhiddin, S., & Sumantri, M. A. (2019). Trend Literasi Kesehatan Mental Trend of Mental Health Literacy. Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 12–20.

Handayani, T., Ayubi, D., & Anshari, D. (2020). Literasi Kesehatan Mental Orang Dewasa dan Penggunaan Pelayanan Kesehatan Mental. Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 9. https://doi.org/10.47034/ppk.v2i1.3905

Hindun, N., & Agustin, W. (2022). Sosialisasi Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Para Pekerja PT. Global Collection Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, volume 1, 34–38.

Kibtiyah, A., Gunadi, I., & Umam, K. (2023). Kesehatan Mental Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 02(01), 12–22.

Nurdiansyah, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Hadang Terhadap Agility. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 77. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.238

Nuriman, R., Kusmaedi, N., & Yanto, S. (2016). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bebentengan terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1(1), 29. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i1.1550

Pedrelli, P., Nyer, M., Yeung, A., Zulauf, C., & Wilens, T. (2015). College students: Mental health problems and treatment considerations. Academic Psychiatry, 39(5), 503–511. https://doi.org/10.1007/s40596-014-0205-9

Pratama, M. A. R. P., Usra, M., Sumarni, S., Iyakrus, I., & Bayu, W. I. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.48306

Priana, A. (2016). Pengaruh Olahraga Senam Tai Chi terhadap Kesehatan Mental Emosional Lanjut Usia (Studi Kasus pada Komunitas Senam Tai Chi Lanjut Usia Kota Tasikmalaya). Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 1(1), 32–39.

Rizqa, M., Gusril, G., Indika, P. M., & Pranoto, N. W. (2023). Pengaruh permainan tradisional lari balok terhadap kelincahan siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 3(1), 74–81. https://doi.org/10.54284/jopi.v3i1.215

Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62–67. https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.44

Sugiyono. (2017). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sukamti, E., & Nurfadhila, R. (2020). Analysis and Evaluation of Psychological Training Program in Yogyakarta National Gymnastics Championship Athletes. 1, 583–586. https://doi.org/10.5220/0009798105830586

Published

2024-07-09

How to Cite

Pradana, R. W. P., Herpandika, R. P. H., & Weda, W. (2024). Optimalisasi Kelincahan Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Tradisional Gobak Sodor di SD Islam Ar Rohmah Tulungagung. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 5(2), 294-300. https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.595