Analisis Penggunaan Alat Bantu dan Teknik Gerak dalam Permainan Tradisional sebagai Bagian dari Kurikulum Olahraga di SDN Rembang 2 Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.590Keywords:
Alat Bantu, Teknik Gerak, Permainan Tradisional, Kurikulum, Sekolah DasarAbstract
Masuknya permainan tradisional ke dalam kurikulum olahraga sekolah dasar menjadi semakin penting. Keterlibatan yang lebih besar dalam kegiatan fisik dan teknologi telah mengurangi keterlibatan anak-anak dalam permainan tradisional. Permainan tradisional sangat penting untuk perkembangan fisik dan sosial mereka. Oleh karena itu, analisis menyeluruh tentang teknik gerak dan penggunaan alat bantu dalam permainan tradisional di sekolah dasar sangat penting. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. karena penelitian ini disajikan dengan menggunakan angka-angka. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menilai penggunaan alat bantu, teknik gerak, kerjasama tim dan keselamatan dalam bermain permainan tradisional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan penggunan alat bantu dan teknik gerak dalam 5 permainan tradisional. Dari data yang sudah dianalisis, terlihat bahwa mayoritas siswa menilai penggunaan alat bantu dan teknik gerak dalam permainan tradisional berada pada kategori baik (64%) dan sangat baik (15%). Ini menunjukkan bahwa implementasi alat bantu dan teknik gerak dalam permainan tradisional dinilai cukup efektif dan berkualitas oleh siswa, dengan sedikit ruang untuk perbaikan menuju kategori sangat baik.
References
Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PAUD KAMBOJA PROBOLINGGO. Falasifa Jurnal Studi Keislaman, 12(2), 33–44.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ariyanto, Triansyah, A., & Gustian, U. (2020). Penggunaan permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak fundamental siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 78–91.
Ashy, M. (2017). Integrating Traditional Games in the Physical Education Curriculum: A Way Forward to Promote Cultural Sustainability. Journal of Education and Practice, 8(4), 1–7.
Damayanti, S. N., Tiaraningrum, F. H., Nurefendi, J., & Lestari, E. Y. (2023). Pengenalan Permainan Tradisional untuk Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal Bina Desa, 5(1), 39–44.
Goodway, J. D., Ozmun, J. C., & Gallahue, D. L. (2019). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults. Jones & Bartlett Learning.
Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. JURNAL AKSARA RAGA, 3(1), 42–46.
Hartatik. (2019). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TRADISIONAL (APET) DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK ANAK KELOMPOK A DI RAUDLATUL ATHFAL MIFTAHUL ULUM AMPO DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBERTAHUN PELAJARAN 2018/2019. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER.
Hasanah, N. U., Jaya, M. T. B. ., & Surahman, M. (2018). BERMAIN LOMPAT TALI DAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Universitas Lampung.
Hasiana, I. (2021). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANGKA 1-20 PADA ANAK KELOMPOK B. PERNIK Jurnal PAUD, 4(2), 47–60.
Hestyaningsih, L., & Pratisti, W. D. (2021). Efektivitas Permainan Tradisional Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita. Jurnal Intervensi Psikologi, 13(2), 161–174.
Lee, S., Lee, D., & Song, H. (2018). Effects of Traditional Games on Children’s Physical Activity and Health: A Systematic Review. Journal of Exercise Rehabilitation, 14(5), 686–693.
Nurhasnah. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIS WA BIDANG STUDI OLAH RAGA MATERI BOLA KASTI MENGGUNAKAN PERMAINAN KASBOL (KASTI BOLA LUNAK) PADA SISWA KELAS IV SDN. 137957 TANJUNGBALAI TP. 2017/2018. Sabilarrsyad, 4(1), 148–163.
Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51.
Phytanza, & Burhaein, E. (2019). Aquatic Activities As Play Therapy Children Autism Spectrum Disorder. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 2(2), 64–71.
Pramudya, B., & Sutrisno, A. (2021). Eksplorasi Permainan Tradisional Indonesia: Studi Kasus di Desa Tumpang, Jawa Timur. Jurnal Etnografi Indonesia, 8(2), 67–82.
Putri, O. M., Qalbi, Z., Delrefi, & Putera, R. febryan. (2021). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 8(1), 46–55.
Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). MENGGALI MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR: KONTEKS ANAK USIA DINI. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(1), 8–23.
Rahardjo, S. (2015). Warisan Budaya Indonesia: Peran dan Pemertahanan. Pustaka Jaya.
Rahmad, A. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Alfabeta.
Riyanto, P. (2017). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Umum (General Motor Ability). JOURNAL SPORT AREA, 2(1).
Safari, I. . (2015). Model-Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Prodi PGSD Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.
Supriadi, D. (2019). Traditional Games Activities to Develop Fundamental Movement Skills of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 98–102.
Susena, Y. B., Santoso, D. A., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 450–462.
Syafriadi, Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. REFLECTION JOURNAL, 1(1), 14–21.
Utomo, R., & Sari, W. (2020). Pentingnya Permainan Tradisional dalam Mempertahankan Identitas Budaya Anak Indonesia: Tinjauan dari Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 45–56.
Varea, V. (2019). Revitalizing Traditional Games in Physical Education: A Strategy for Health Promotion and Cultural Sustainability. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 90(8), 28–33.
Wibisono, G., Puspita, D., & Rayanti, R. E. (2019). Sebagai permainan tradisional, Egrang bergantung pada elemen fisik seperti keseimbangan, daya tahan, kekuatan otot tungkai, dan koordinasi tubuh. PROSIDING Seminar Nasional Kesehatan “Transformasi Bidang Kesehatan Di Era Industri 4.0,” 36–41.
Yanuar, A. H., & Supriyono. (2022). Korelasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Putra Kelas IV SD Negeri Cibodas 1 Kota Tangerang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(2), 496–502.
Zulfikar, M., Hasyim, A. H., Ikadarny, & Anwar, N. I. A. (2021). PENGUASAAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sport Science, 11(1), 27–34.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Naufal Bima Wicaksana, Reo Prasetiyo Herpandika Herpandika, Setyo Harmono Harmono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.