Peningkatan Hasil Belajar Gerak Spesifik Melempar pada Pembelajaran Bola Basket Fase D Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v5i2.546Keywords:
Bola Basket, Gerak Spesifik Melempar, Hasil Belajar, Shooting, Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bemaksud untuk mengembangkan pembelajaran bola basket melalui metode observasi pada siswa kelas VII SMPN 4 Tuban. Penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas VII B SMPN 4 Tuban, terdiri dari 20 siswa. Prosedur dalam mengumpulkan data melalui observasi melempar bola ke ring. Bersumber padahasil pemantauan dan penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keberhasilan belajar pada gerak spesifik melempar bola basket yang dilakukan dengan observasi pada siswa kelas VII B SMPN 4 Tuban ada kemajuan hasil belajar. Penerapan 3 siklus dapat menunjukkan peningkatkan kemampuan bermain bola basket. Melihat dari hasil penilaian pada siklus I hanya 30% dari 20 siswa tersebut yang mampu melakukan lemparan . Pada siklus II terdapat peningkatan 70% dari 20 siswa. Kemudian pada siklus III terdapat peningkatan mencapai 80% sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan pembelajaran gerak spesifik melempar pada permainan bola basket di kelas VII fase D di SMPN 4 Tuban.
References
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research. CV. Pena Persada.
Beatrix M. Buratehi. (2023). Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Besar dengan Gerakan Bermain Sepak Bola dan Bola Voli Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 11(1), 110–119.
Burhanuddin. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Shooting Bola Basket dengan Metode Kombinasi Permainan Target pada Siswa SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 651–660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4591
Darmawan, I. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA MELALUI PENJAS. JIP, 7(2), 143–154.
Dhiana Putra, I. K. A., Darmayasa, I. P., & Spyanawati, N. L. P. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teknik Dasar Chest Pass dan Bounce Pass Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57772
Erba Robani, M., Anisa Rachim, F., Febriani, A., & Rizqi Fitri, E. A. (2021). METODE LEARNING BY DOING DALAM MENGOPTILALISASI KUALITAS BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1), 24–30.
Fikri, A., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar PJOK Materi Sepak Bola dengan Menerapkan Model Pembelajaraan Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Berbasis ICT. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 207–214. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.53241
Muhimmah, B. dewi. (2022). PENERAPAN METODE LEARNING BY DOING UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING SKILL) PADA MATERIPROCEDURE TEXT DI KELAS IXC. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 294–301.
Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa smp negeri di Madiun. Jurnal Pendidikan Olaharaga Dan Kesehatan, 9(1), 7–18.
Pangga, D., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). 22 Meningkatkan Hasil Belajar PJOK melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada Siswa Kelas III UPT SDN 223 Gresik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 122–134.
Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Student Achievement. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.
Riskayani, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 1–7.
Rustanto, H. (2017). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SHOOTING BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75–86.
Safitri, E., Usra, M., & Yusfi, H. (2022). Peran Guru Penjaskes dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran PJOK. Jendela Olahraga, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8835
Suharman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda, 3(2), 137–144.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ahmad Irham Irham, Deanda Wahyu Indah Rossi Rossi, Afifan Yulfandinata Yulfandinata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.