Upaya Meningkatkan Keterampilan Permainan Tenis Meja dengan Menerapkan Latihan Kelincahan
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.367Keywords:
Latihan, Tenis Meja, Kelincahan, KetrampilanAbstract
Tenis meja adalah permainan yang susah dimainkan oleh siswa di SMA Budi Dharma Cancar, seperti mempraktekkan pukulan forehand dan backahnd tenis meja. Peneliti ingin meningkatkan keterampilan permainan tenis meja tersebut dengan menerapkan latihan kelincahan pada siswa kelas XI IPS SMA Budi Dharma Cancar. Penelitian ini adalah PTK yang bersifat siklus (terdiri dari dua siklus) dengan pemberian tindakan yang berulang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah pedoman tes praktek forehand dan backhand tenis meja. Teknik analisis datanya melalui analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa pada materi permainan tenis meja setelah pembelajaran melalui latihan kelincahan pada siklus 1 hanya 70%, namun persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 93% pada siklus 2. Dengan demikan persentase siswa kelas XI IPS SMA Budi Dharma Cancar yang tuntas semakin meningkat setelah siswa diberi tindakan berupa pembelajaran permainan tenis meja (teknik dasar forehand dan backhand) melalui latihan kelincahan. Maka dapat disimpulkan ada peningkatan keterampilan permainan tenis meja dengan menerapkan latihan kelincahan pada siswa kelas XI IPS SMA Budi Dharma Cancar.
References
Arifin. (2010). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Lilin Persada Press.
Atmaja, I. W. G. (2014). KONTRIBUSI KELINCAHAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP BACKHAND PADA PERMAINAN BULU TANGKIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014.
Ewan, I. (2019). Pengaruh Kelincahan , Kecepatan Gerak Dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Siswa SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 19–29. http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpo/article/view/324
Hasbunallah, A. S. (2012). Hubungan Kekuatan Peras Tangan dan Kecepatan Reaksi Tangan Terhadap Pukulan Forehand Permainan Tenis Meja. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 4(1).
Junaidi, A., & Mustofa, H. (2020). Pengembangan Variasi Pembelajaran Tenis Meja Menggunakan Ejection Machine. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 52–60.
Lestari, P., & Sutisyana, A. (2017). Kontribusi Kemampuan Backhand Dan Forehand Drive Kedinding Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Mahasiswa PJKR FKIP Universitas Bengkulu. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 40–43.
Mahendra, I. R., Nugroho, P., & Junaidi, S. (2012). Kelentukan Pergelangan Tangan Dan Koordinasi Mata Tangan Dalam Pukulan Forehand Tenis Meja. JSSF (Journal of Sport Science and Fitness), 1(1), 12–15.
Muherman, S., & Ramona, S. (2019). Pengaruh Open Skill Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Dalam Ekstrakurikuler Tenis Meja. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.36706/altius.v6i1.8231
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Prabowo, A., Gunawantara, D., & Ibrahim, I. (2021). Analisis Tingkat Kelincahan Atlet Tenis Meja PTM MBC Raflesia. Jurnal Patriot, 3(3), 284–291. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.798
Roesdiyanto, & Budiwanto, S. (2008). Dasar-dasar kepelatihan Olahraga. Laboratorium Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan 60 Kelas (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group.
Sariul, S., Marsuna, M., & Jud, J. (2022). Analisis Kemampuan Smash Forehand Tenis Meja Pada Siswa Sma Negeri 4 Kendari. Jurnal Eduscience, 9(1), 195–203. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2583
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Afabeta.
Udam, M. (2017). Pengaruh latihan shuttle-run dan zig-zag terhadap kemampuan dribblingbola pada siswa sekolah sepakbola (SSB) Immanuel usia 13-15 di Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 58–71.