Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah Bolavoli

Authors

  • Erdima Maulida Solichah Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.360

Keywords:

Passing Bawah Bolavoli, Metode Pembelajaran Tutor Sebaya

Abstract

Penelitian dilatar belakangi berdasarkan pada permasalahan pembelajaran yang terjadi ketika siswa merasa bosan dan menemui permasalahan belajar dalam melakukan gerak passing bawah bolavoli. Penelitian dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh yang dihasilkan dari penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan model One-Group Pretest-Posttest Design dengan sampel siswa sebanyak 32 kelas VIII-J dengan hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli dalam aspek keterampilan berdasarkan uji data dengan hasil 0,000, yang dapat dikatakan jika 0,000 < sig 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Serta metode tutor sebaya mendapat respon positif dari pilihan jawaban Selalu (SL) sebanyak 38,73%, Sering (SR) 24,74%, Kadang-Kadang (KD) 21,23%, Tidak Pernah (TP) 15,3%.

References

Diana, W. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Penjakora, 9(1). https://doi.org/10.23887/penjakora.v9i1.45860

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Firmansyah, A. M., & Rukmana, A. (2017). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1), 7–14.

Firmansyah, D. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Indriani, A. M. F., & Mutmainnah, S. (2016). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(2). https://doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6057

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Noviyanto, A., & Hidayat, T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dan Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Baureno Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 682–689.

Palistini, N. L. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 95–100.

Pardijono, Hidayat, T., & Indahwati, N. (2015). Bola Voli. Unesa University Press.

Rahmani, & Mikanda. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Dunia Cerdas.

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Rudatin, H. (2013). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MEDIA BOLA PLASTIK DIGANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KEMBANGAN.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (23rd ed.). Penerbit Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wicaksono, A. (2013). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 LARANGAN BREBES. 4(1).

Wiradihardja, S., & Syarifudin. (2017). Buku Siswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Olahraga, dan kesehatan (Vol. 1).

Yudiantoro, Asmawi, M., & Karnawijaya, Y. S. (2020). Model Pembelajaran Gerak Dasar Melempar dan Menangkap Pada Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 151–156.

Zenti, E. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Kinerja Kependidikan, 1(1), 1–17.

Zheng, S. L., & Campbell, M. G. (2021). Teaching space-group diagrams to chemistry students through a peer-tutoring approach. Acta Crystallographica Section E: Crystallographic Communications, 77, 864–866. https://doi.org/10.1107/S2056989021008744

Published

2023-07-26

How to Cite

Erdima Maulida Solichah, & Nanik Indahwati. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah Bolavoli . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 211-218. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.360