Penilaian Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V di SD Negeri Sragen 6 Kabupaten Sragen

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.359

Keywords:

Program Kebugaran, Tes Kebugaran Pelajar Nusantara, Indeks Masa Tubuh

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara, ditemukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V di SD Negeri Sragen 6 Kabupaten Sragen telah dievaluasi. Hasil pengukuran indeks massa tubuh (IMT) pada 20 siswa menunjukkan bahwa 2 siswa (10%) memiliki status gizi kurang, 12 siswa (60%) berada dalam kategori gizi baik, 5 siswa (25%) mengalami kelebihan gizi, dan 1 siswa (5%) mengalami obesitas. Dari hasil itu, bisa di simpulkan bahwa jumlah siswa dengan kategori gizi baik adalah yang tertinggi, yaitu sebanyak 12 anak dengan persentase 60%. Hasil dari Test V-Sit and Reach didapatkan hasil yang tertinggi yaitu pada kategori baik sekali terdapat 14 siswa dengan persentase 70%. Hasil ini berbanding terbalik dengan test Sit-up dimana kategori yang paling tinggi adalah Rendah dan Cukup dengan total jumlah anak 14 dan persentase sebesar 70%. Pada hasil Test Squat Trust, kategori baik sekali memiliki persentase yaitu 45% dengan jumlah siswa sebanyak 9. Berbeda dengan hasil dari PACER Test, justru kategori tertinggi yaitu sangat rendah dengan persentase sebesar 35% dan jumlah siswa sebanyak 7. Berdasarkan data hasil 4 item Tes Kebugaran Pelajar Nusantara menunjukan bahwa hasil nilai proporsi dari perhitungan menunjukkan nilai 3,1 dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori Baik.

References

Arianti, BDD, Aswasulasikin, A., Hadi, YA, Ibrahim, DSM, & Suryansah, S. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Golden Age ,5 (2), 425-434. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4590

Armade, M., & Manurizal, L. (2019). Pengaruh Metode Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ 2012) Versi Low Impact terhadap Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Penjaskesrek, 6(1), 140-151.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Anak Peserta Didik. Jakarta: Rosda.

Gusti.I.P.N.A.S. 2015. Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Umur Terhadap Daya Tahan Umum (Kardiovaskuler) Mahasiswa Putra Semester II Kelas A Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Kesehatan Reaksi. Volume.1. Hal. 42-47.

Handayani, Y. (2022). Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara.

Hardiansyah Sefri. 2018. Analisis Kemampuan Kondisi Fisik Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Menssana. Volume.3. Nomor.1.

Hartono, S. (2013). Pendidikan Jasmani (sebuah pengantar).

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.

Nirmala, H. P. (2017). Pengaruh Circuit Training Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Pencak Silat Di Mts. Muhammadiyah 1 Tangkit Batu Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Nugraha, E. (2016). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Cempaka Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. CORE, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Nurchakim, A., & Wisnu, H. (2017). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Menengah Pertama Negeri Daerah Pesisir. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 05(3), 908–912.

Sinuraya, J. F., & Barus, J. B. N. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Tahun Akademik 2019/2020 Universitas Quality Berastagi. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10359

Solihin, M.R.D., Anwar.F., Sukandar, D. 2013. Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah’, Penelitian Gizi Dan Makanan.

Sopan, S. 2010. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anak Http://Uhangtinting.Blogspot.Com 14 November 2021.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2023-07-30

How to Cite

Penilaian Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V di SD Negeri Sragen 6 Kabupaten Sragen. (2023). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 233-240. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.359