Pengaruh Penerapan E-Book Interaktif Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Siswa
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.340Keywords:
E-Book Interaktif, Hasil Belajar, Passing, Sepak BolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh media pembelajaran e-book interaktif terhadap hasil belajar passing sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 29 diambil dari siswa kelas VIII G SMPN 39 Surabaya. Hasil melalui tes pengetahuan berupa soal essay dan tes praktik keterampilan passing didapatkan rata-rata pretest ke posttest pengetahuan yaitu 62,27 dan pada keterampilan yaitu 70,67. Uji Paired Sample T-Test yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) pengetahuan sebesar 0,000 dan nilai Sig. (2-tailed) keterampilan sebesar 0,000. Dikatakan ada pengaruh apabila nilai sig. kurang dari 0,05, apabila lebih dari 0,05 maka dikatakan tidak terdapat pengaruh. Hal ini berarti nilai sig < 0,05 yang diperoleh dari hasil uji Paired Sample T-Test dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan media e-book interaktif terhadap hasil belajar passing sepak bola siswa.
References
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Ayuni, A. Q., Habudin, H., & Meiliawati, F. (2022). Pengembangan Media E-book Piguda Banten untuk Meningkatkan Pemahaman Lagu dan Bahasa Daerah pada Peserta Didik. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 14(02), 105–116.
Christ, A. A., Capon-Sieber, V., Grob, U., & Praetorius, A. K. (2022). Learning processes and their mediating role between teaching quality and student achievement: A systematic review. Studies in Educational Evaluation, 75(February), 0–2. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101209
Gazali, N. (2016). Pengaruh Metode Kooperatif dan Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Journal Sport Area, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.373
Gusryanda, N., Suhairi, M., & Rajidin, R. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Sepak Bola dengan Gaya Mengajar Cooperative Learning. Sport Pedagogy Jounal, 12(1), 39–55.
Mahrawi, M., Marianingsih, P., Putri, A. N. P., Saputro, S., Pardede, P. I., Cahyani, A. R., & Chaerunisa, R. (2023). Pengembangan Bio-Meta: Buku Digital Terintegrasi Dengan Augmented Reality dan Virtual Reality Mahrawi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 317–329.
Maksum. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In Jawa Barat: CV Jejak.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859
Nurbaiti, D., & Mariah, M. (2020). Pengaruh Sikap pada Ebook dan Sikap pada Buku Fisik terhadap Minat Baca Masyarakat di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 74–80. https://doi.org/10.31334/logistik.v4i1.875
Pardede, H., & Sitorus, P. (2021). Pemanfaatan Interactive E-Book Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Suluh Pendidikan, 9(1), 18–23.
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Putria, A., Akhyar, M., & Sutimin, L. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Menggunakan E-Book Berbasis Pendekatan RME. Teknodika, 15(2), 25. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34744
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Sainab, S. (2023). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar E-Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. ANTHOR: Education and Learning Journal ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 339–344.
Shwartz-Asher, D., Raviv, A., & Herscu-Kluska, R. (2022). Teaching and assessing active learning in online academic courses. Social Sciences & Humanities Open, 6(1), 100341. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2022.100341
Sukiman, S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Penelitian Sastra. Education & Learning, 2(2), 98–104.
Wijaya, T. T., Cao, Y., Weinhandl, R., & Tamur, M. (2022). A meta-analysis of the effects of E-books on students’ mathematics achievement. Heliyon, 8(6), e09432. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09432
Wijayanti, R. (2015). Buku Ajar Metodelogi Penetilitan. Angewandte Chemie International Edition, 1.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Muhammad Fafi Niamil Aufa, Mochamad Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.