Perbedaan Konsep Diri antara Siswa Putra dan Siswa Putri dalam Hal Penampilan Fisik
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.262Keywords:
Pendidikan Jasmani, Penampilan fisik, Konsep diriAbstract
Pendidikan yang melibatkan penampilan fisik adalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Dimana fokus penilaian dalam pendidikan ini peranan penting dari penampilan seseorang terhadap aktifitas sehari harinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perbedaan konsep diri antara siswa putra dan siswa putri dalam hal penampilan fisik di SMP Negeri 3 Madiun, guna pembentukan citra dan penampilan diri yang lebih baik bagi siswa nantinya. Penelitian ini termasuk penelitian deskritif kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto dimana variable bebas dalam penelitian ini tidak dikendalikan oleh peneliti sebab perwujudan variable tersebut sudah terjadi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun Kecamatan Mangunharjo Kota Madiun pada tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini diuji dengan uji T independent yang sudah dilakukan pengambilan data dari dua kelompok yang berbeda yaitu pada siswa putra dan putri dalam penampilan fisik pada koefisien T keduanya (-0,591) pada P value (0,559). Bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang signifikan konsep diri antara siswa putra dan siswa putri dalam hal penampilan fisik.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hurlock, E. B. (2005). Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2 (2nd Ed.). Erlangga.
Mahardika, M. S. (2018). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Unesa University Press.
Maksum, A. (2009). Metodologi Penelitian (A). Universitas Negeri Surabaya .
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga (First Edition). Unesa University Press.
Murdiansyah, B. N. (2022). Peran Aktivitas Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Konsep Diri (Suatu Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Brangkal I Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban). Joel: Journal Of Educational And Language Research, 2(3), 401–406.
Petrakaki, E., & Karakasidou, E. (2017). The Effect Of Physical Activity And Gender On Well Being And Body Image Of Adolescents. Psychology, 08(11), 1840–1856.
Prahmadhani, D. T. (2007). Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skin Care Tentang Kecantikan. Universitas Sanata Dharma .
Ratrioso, I. (2008). Remaja Unggul Kamukah Itu? Nobel Edumedia.
Richards, G. E., & Marsh, H. W. (2005). Physical Self-Concept As An Important Outcome In Physical Education Classes: Evaluation Of The Usefulness In Physical Education Of Three Physical Self Concept Measures Utilising A Database Of Australian And Israeli Students. Aare Annual Conference Paramatta .
Wonodihadrjo, F. (2014). Komunikasi Kelompok Yang Mempengaruhi Konsep Diri Dalam Komunitas Cosplay “Cosura” Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 2(3).