Kesan Peserta Didik terhadap Keefektifan Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.244

Keywords:

Aplikasi Quizizz, Media Pembelajaran

Abstract

Kemajuan di media pembelajaran ketika ini ditentukan oleh pesatnya penemuan pembelajaran secara online. Pembelajaran yang berperan dalam ranah pembelajaran merupakan suatu pembelajaran dengan berbasis internet. Pembelajaran berbasis internet sebagai penghubung antara dosen dan mahasiswa menggunakan jaringan website bisa diakses kapan saja dan serta praktis digunakan. Aplikasi dipergunakan lebih menekankan menggunkan aplikasi quizizz. Alasannya dikarenakan saat pembelajaran berbasis web serta aplikasi quizizz di luar tatap muka langsung menjadi upaya membantu mahasiswa, lebih spesifik Study From Home selama pandemi serta membuat kecukupan pembelajaran berbasis web yang menarik serta inovatif. Teknik yang dipergunakan pada pengumpulan informasi adalah melalui survei penyebaran angket secara online, antara dosen serta mahasiswa pendidikan jasmani pada matakuliah permainan olahraga tradisional. Pembelajaran online dengan quizizz menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis web yang dilakukan secara online dapat membuat mahasiswa menjadi bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran.

References

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI KUIS ONLINE QUIZIZZ. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Aini, Y. I. (2019). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ UNTUK PEMBELAJARAN JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI BENGKULU. Kependidikan, 2(25).

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Cristiyanda, G., & Sylvia, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Webquiz Quizizz Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa di SMA N 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 174–183. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.110

Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155.

Irwansyah, R., & Izzati, M. (2021). Implementing Quizizz as Game Based Learning and Assessment in the English Classroom. TEFLA Journal (Teaching English as Foreign Language and Applied Linguistic Journal), 3(1), 13–18. https://doi.org/10.35747/tefla.v3i1.756

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). PROFESI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI ERA GLOBALISASI. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24. https://doi.org/10.32678/geneologi

Kirom, A. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.

Kurniawan, T. (2022). Pembelajaran IPS dengan aplikasi Quizizz untuk menciptakan pembelajaran menyenangkan di SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(1). https://doi.org/10.37729/jpse.v8i1.2117

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Muliya, M. (2022). PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X BUSANA 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404

Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 89–94.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Umam, M. K. (2020). PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK. Aṭfal: Scientific Journal of Early Childhood Education, 1(1).

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI APLIKASI ONLINE QUIZIZZ. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Published

2022-12-29

How to Cite

Kesan Peserta Didik terhadap Keefektifan Penggunaan Quizizz sebagai Media Pembelajaran . (2022). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 196-200. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.244