Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Pencak Silat untuk Siswa Kelas V di SD Negeri 7 Pule

Authors

  • Vega Mareta Sceisarriya STKIP PGRI Trenggalek
  • Aries Irsan Rofiq STKIP PGRI Trenggalek
  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.234

Keywords:

Multimedia Interaktif, Pengembangan, Pembelajaran Pencak Silat

Abstract

Penggunaan media yang kurang dan tingginya dominasi guru mengajar dengan metode ceramah akan membuat siswa cepat bosan sehingga dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Maka dibutuhkannya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sehingga tidak mudah dilupakan oleh siswa. Penelitian mengembangkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi teknik dasar beladiri pencak silat siswa kelas V SD Negeri 7 Pule. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan  dari R&D dengan menggunakan metode  ADDIE, yaitu: (1) Analyze, (2) Development, (3) Design, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis menggunakan kualitatif, kuantitatif dan statistik deskriptif. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu ahli media dengan presentase 78% (baik), ahli materi pembelajaran dengan presentase 93% (baik), uji coba kelompok kecil dengan persentase 93,33% (baik), dan uji coba kelompok kecil dan 97,39% (baik).

References

Fatkhur Rozi. (2022). Penguatan Dasar Pendidikan Jasmani dan Teknologi Pendidikan Pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani. 7–11.

Fudin, M. S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Jarak Pendek dengan Pendekatan Permainan Petani dan kancil. Bravo’s (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan), 4(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.32682/bravos.v4i1.235

M. Nadzir. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter.

Oktafiani, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Pratama, F. R. P. (2021). Penerapan Blended Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. http://conference.um.ac.id/index.php/jkr/article/view/1477

Sugiarto, dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Sport Massase Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 36. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p35-43

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press

Published

2022-12-31

How to Cite

Vega Mareta Sceisarriya, Aries Irsan Rofiq, & Khamim Hariyadi. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Pencak Silat untuk Siswa Kelas V di SD Negeri 7 Pule. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 235-239. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.234

Most read articles by the same author(s)