Survei Tanggapan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran PJOK Di SMA/SMK Se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang

Authors

  • Yudi Dwi Saputra STKIP PGRI Jombang
  • Guntum Budi Prasetyo STKIP PGRI Jombang
  • Basuki STKIP PGRI Jombang
  • Ikhwan Ubaidillah STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v2i3.134

Keywords:

Tanggapan Orang Tua, Pembelajaran Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan orang tua terhadap pembelajaran online mata pelajaran PJOK di Sekolah  Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Pendidikan pada hakekatnya adalah sebuah aktivitas yang penuh kesadaran dan tanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak sehingga timbul interaksi antara keduanya yang bertujuan mengarahkan anak berbuat sesuai dengan tujuan pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujan untuk menjelaskan tentang tanggapan orang tua dalam pembelajaran online mata pelajaran PJOK. Dengan sampel sebanyak 195 orang tua murid. Instrumen penelitian berupa kuisioner. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui total keseluruhan indikator penelitian variabel tanggapan orang tua siswa terhadap pembelajaran online mata pelajaran PJOK, untuk nilai Minimal adalah  1  dan  nilai  Maksimal  5,  lalu mean sebesar 3.15, dan standar deviasi 0.534,  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tanggapan orang tua siswa di SMA / SMK Kecamatan Ngoro terhadap pembelajaran online secara umum termasuk dalam kategori cukup baik karena orang tua setuju dengan adanya pembelajaran online pelajaran PJOK meskipun tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang tua yang masih kurang setuju dilakukannya pembelajaran online  mata pelajaran PJOK.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014, 53(9).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardjito. (2002). Internet Untuk Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lutfiah, S. Z. (2020). Tanggapan Orang Tua Mengenai pembelajaran online Di Rumah Selama Covid-19

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitihan Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Rohman, U. (2016). Tinjauan Alternatif Konsep Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PENDIDIKAN JASMANI) Di Sekolah. Jurnal Buana Pendidikan.

Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan No.042-Mei 2003. Jakarta : Depdiknas.

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugihartono, F. K., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta.

Sutia, C. (2020). Tanggapan Siswa, Orang Tua dan Guru terhadap Pembelajaran PJOK Selama Pandemi Covid-19.

Walgito. (1990). Pengantar Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Waryanto, N. H. (2006). On-line learning sebagai salah satu inovasi pembelajar.vol.2, No.1, Desember 2006.

Published

2021-12-30

How to Cite

Yudi Dwi Saputra, Guntum Budi Prasetyo, Basuki, & Ikhwan Ubaidillah. (2021). Survei Tanggapan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran PJOK Di SMA/SMK Se-Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(3), 248-255. https://doi.org/10.46838/spr.v2i3.134