Jurnal Bina Ilmu Cendekia https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic <p>Jurnal Bina Ilmu Cendekia merupakan jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh MAN Insan Cendekia Jambi dengan ruang lingkup bidang pendidikan antara lain Kajian Literasi, Penelitian Bidang Pendidikan, Belajar Mengajar, Pengembangan Kurikulum, Teknologi Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan. Jurnal Bina Ilmu Cendekia didedikasikan bagi para siswa, guru, dosen, praktisi dan peneliti pendidikan untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka. Sebagai komitmen kami untuk kemajuan pendidikan dan pengajaran, Jurnal Bina Ilmu Cendekia mengikuti kebijakan akses terbuka yang memungkinkan artikel yang diterbitkan tersedia secara online secara gratis tanpa berlangganan.</p> en-US eduinsan75@gmail.com (Dr. M. Kamal, S. Ag,. M. Pd) adimulyadi.mt@gmail.com (Adi Mulyadi) Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Ketuntasan Belajar Materi Pecahan https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/413 <p>Implementasi metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS) merupakan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS) terhadap ketuntasan belajar siswa materi pecahan di kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Sempu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi alat peraga dan lembar kerja siswa, metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan responden dengan menggunakan teknik random sampling yaitu penentuan sampel secara acak. Responden pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIIB dengan jumlah responden sebanyak 35 siswa.</p> <p>Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil perolehan observasi dari keefektifan pembelajaran untuk skor rata-rata pengelolaan kelas dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS) pada materi pecahan dari 35 siswa mendapatkan kategori baik. Dengan data tes siswa yang memenuhi nilai KKM sebanyak 83% dan nilai yang tidak tuntas sebanyak 17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat ketercapaian dari keefektifan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa (LKS) pada materi pecahan diatas 75%. Jadi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa ini dikatakan efektif karena memenuhi kriteria keefektifan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa efektif terhadap ketuntasan belajar materi pecahan di kelas VIIB SMP Muhammadiyah 7 Sempu.</p> Ratna Mustika Yasi, Riska Fita Lestari, Rachmaniah Mirza Copyright (c) 2024 Ratna Mustika Yasi, Riska Fita Lestari, Rachmaniah Mirza https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/413 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700 The Meta Analisis Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/449 <p><em>The 21<sup>st</sup> century education requires that it produces quality human resources. The government is trying to answer the challenges of 21st century education through the development of the 2013 curri-culum. In science learning, discussing process skills Improve students' science learning process can be understood by updating. Real conditions in schools show that teachers have difficulty in talking. One solution is to develop an assessment instrument in the form of a test instrument for skills in learning science. This study tries to analyze the value of validity, different power, level of difficulty, and reliability of the process skills test instrument. The research method used is me-ta-analysis. The sample used was 7 articles consisting of 2 national articles. The research instrument used was an observation sheet complete with coding. The different power value is 0.31 in the sufficient category. The difficulty level value is 0.51, in the medium category. The reliability value is 0.64 in the high category. Thus, the science process skills test instrument can be continued to the trial stage.</em></p> Syamsul Bahari Copyright (c) 2024 Syamsul Bahari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/449 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill (Hots) Peserta Didik Di Kelas 4 SD Negeri Prajekan Kidul 2 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/470 <p>Penelitian ini didasarkan dari berbagai permasalahan diantaranya: model pembelajaran yang kurang bervariasi tentang berfikir siswa yang sederhana dan faktor kelas yaitu dari kelas rendah ke kelas tinggi yang disebut kelas peralihan. Dimana kelas yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas 4, sehingga siswa memerlukan penyesuaian dalam tingkat berfikir. Penelitian ini menggunakan metodelogi kuantitatif dan jenis quasi eksperimental design. Baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen, Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian. Eksplorasi ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai dampak penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada pembelajaran IPA kelas 4 SD Negeri 2 Prajekan Kidul. Dengan rencana penelitian Posttes Only Control Group design penelitian ini diselesaikan. Berdasarkan hasil post test yang dilaksanakan peneliti pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning menunjukkan jika pada kelas eksperimen mempunyai hasil yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Uji hipotesis yang dilakukan dengan data yang homogen menghasilkan T hitung (3.14) &gt; T tabel (2.06), yang dapat dinyatakan jika H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa kelas 4 pada mata pelajaran IPA.</p> Nur Azizatun Niza, Heldie Bramantha, Aenor Rofek Copyright (c) 2024 Nur Azizatun Niza, Heldie Bramantha, Aenor Rofek https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/470 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700 Dinamika Kenakalan Remaja Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama AL AZHAR Gresik https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/473 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika kenakalan remaja dan apa saja faktor yang mempengaruhi munculnya kenakalan remaja pada siswa SMP AL AZHAR gresik. Informan dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling.Jumlah dari informan adalah 4 orang yaitu 3 orang santri putra dan 1 orang pengurus pondok sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dinamika kenakalan remaja pada siswa SMP Al Azahar muncul dalam empat aspek, yaitu: (a) orientasi, (b) emosi, (c) interaksi sosial, dan (d) aktivitas. Temuan yang menarik dari penelitian ini adalah dua faktor utama yang menyebabkan munculnya perilaku kenakalan remaja pada siswa SMP Al Azhar yaitu waktu dan pengawasan.</p> Melisa, Indari Copyright (c) 2024 Melisa, Indari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/473 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700 Strategi Pendidikan Anak Jalanan Oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) di Kota Malang https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/472 <p>Permasalahan anak jalanan sebagai permasalahan yang tak ada ujung pangkalnya, bagaikan lingkaran setan yang tak habis-habisnya. Dalam penangannya&nbsp; diperlukan adanya penelitian terhadap program pemberdayaan anak jalanan yang dilakukan JKJT dalam rangka pengentasan anak jalanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi JKJT dalam rangka meningkatkan pengentasan anak jalanan. Program pembinaan yang diberikan oleh JKJT kepada anak jalan tidak hanya dibidang pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan anak dan remaja jalan tidak luput dari perhatian Agustinus Tedja selaku pendiri JKJT. Selain mendirikan rumah belajar untuk anak dan remaja jalanan, Agustinus Tedja juga memberikan pelatihan skill dan keterampilan lainya kepada anak asuhnya, seperti fotografi, memasak, menjahit, merakit CCTV, kerajinan kayu dan musik.</p> Indari, ST Fatimah, Dalilah Copyright (c) 2024 Indari, ST Fatimah, Dalilah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/472 Sat, 10 Feb 2024 00:00:00 +0700