Jurnal Bina Ilmu Cendekia https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic <p><a title="JBIC" href="https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/index">Jurnal Bina Ilmu Cendekia</a> bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning Environments,Teacher Education, Educational Technology,Educational Developments</p> en-US eduinsan75@gmail.com (Dr. M. Kamal, S. Ag,. M. Pd) agusmursidi78@gmail.com (Agus Mursidi) Sat, 31 Dec 2022 00:00:00 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru di MAN 2 Bungo Provinsi Jambi (Studi Kasus: Penelitian Tindakan Madrasah) https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/222 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan peran supervisi kepala madrasah terhadap profesionalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan madrasah. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai teknik analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil supervisi yang dilakukan kepala madrasah dapat meningkatkan penerapan profesionalisme guru. Hal ini juga membuktikan bahwa supervisi kepala madrasah dan pertemuan individu dengan masing-masing guru berperan sangat penting dalam meningkatkan pelaksanaan tugas pokok guru untuk mencerminkan proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah proses pembelajaran di kelas memberikan umpan balik yang baik antara guru dan siswa ketika peran pengawasan pemimpin sekolah dijalankan secara konsisten.</p> Masniah Copyright (c) 2022 Masniah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/222 Sat, 24 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pembinaan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kompetensi Kinerja Guru dalam Melaksanakan Penilaian Terhadap Siswa Melalui Bimbingan Berkelanjutan Menggunakan Microsoft Excel di MAN 2 KOTA JAMBI https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/223 <p>Penelitian Tindakan Madrasah (PTM) ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menilai kinerja siswa menggunakan Microsoft Excel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Madrasah (PTM). Subyek penelitian ini adalah 13 guru di MAN 2 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah salah satu dari instruksi, pembinaan, observasi, dan diskusi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Artinya, siklus I menggunakan metode bimbingan berkelanjutan. Pada siklus I rata-rata persentase kinerja guru dalam mendokumentasikan hasil penilaian adalah 65,64%, dan pada siklus II 87,44% ditemukan kecurangan. %. Oleh karena itu, Siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,79. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah: 2. Pembelajaran berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan evaluasi kinerja guru. Hal ini didukung oleh observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melakukan penilaian siswa meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I rata-rata kemampuan guru dalam menilai guru sebesar 65,64%, dan pada siklus II sebesar 87,44%. Oleh karena itu, Siklus I mengalami peningkatan sebesar 21,79.</p> Ambok Pera Afrizal, MA Copyright (c) 2022 Ambok Pera Afrizal, MA https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/223 Mon, 26 Dec 2022 00:00:00 +0700 Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Geografi Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia Berbasis Flipbook di SMA/ MA https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/240 <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) m</strong><strong>endeskripsikan proses pengembangan <em>e-modul</em> untuk pembelajaran geografi berbasis <em>flipbook </em>materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, (2) </strong><strong>m</strong><strong>engetahui </strong><strong>uji </strong><strong>kelayakan produk <em>e-modul</em> berbasis <em>flipbook </em>untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi, dan </strong><strong>(3) m</strong><strong>engetahui </strong><strong>tanggapan guru dan peserta didik terhadap </strong><strong>produk <em>e-modul</em> berbasis <em>flipbook </em>untuk pembelajaran geografi materi dinamika kependudukan di Indonesia di MAN Insan Cendekia Jambi.</strong></p> <p><strong>Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan <em>(Research and Development)</em> yang mengadaptasi model pengembangan <em>Lee dan Owens</em> (2004) </strong><strong>terdiri dari lima tahap, yaitu penilaian/analisis (<em>assessment/analysis</em>) yang meliputi analisis kebutuhan <em>(need assessment) </em>dan analisis awal akhir (<em>front-end analysis</em>), desain (<em>design</em>), pengembangan (<em>development</em>), implementasi (<em>implementation</em>), dan evaluasi (<em>evaluation</em>).</strong><strong> Validasi kelayakan <em>e-modul</em> dilakukan oleh ahli materi/ isi dan ahli media, serta diimplementasikan kepada 33 peserta didik kelas XI IPS MAN Insan Cendekia Jambi.</strong></p> <p><strong>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan <em>e-modul</em> untuk pembelajaran geografi berbasis <em>flipbook </em>dilakukan dengan 5 (lima) tahapan model Lee dan Owens yaitu analisis, </strong><strong>desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi</strong><strong>, (2) uji kelayakan <em>e-modul</em> untuk pembelajaran geografi berbasis <em>flipbook</em> diperoleh hasil validasi ahli materi/ isi 77,33% dengan kategori layak dan hasil validasi ahli media diperoleh nilai 96,00% dengan kategori sangat layak, (3) tanggapan guru geografi terhadap produk <em>e-modul</em> untuk pembelajaran geografi berbasis <em>flipbook </em>diperoleh nilai 98,00% dengan kategori sangat layak, tanggapan peserta didik berdasarkan uji coba satu per satu diperoleh nilai 93,80%, uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 84,61%, dan uji coba kelompok besar diperoleh nilai 93,86% dikategori sangat layak digunakan oleh peserta didik secara tatap muka maupun mandiri.</strong></p> meliafitriyani meliafitri, Muhammad Ali, Indryani Copyright (c) 2022 meliafitriyani meliafitri, Muhammad Ali, Indryani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.icjambi.id/index.php/jbic/article/view/240 Fri, 30 Dec 2022 00:00:00 +0700