PERAN PEMERINTAH TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI KEPADA MASYARAKAT (STUDI DESA SUMBERDADI, KECAMATAN TEGALDLIMO, KABUPATEN BANYUWANGI)

Main Article Content

Rinda Septia Ningrum

Abstract

Demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat. Adapun, secara etimologis demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “demos” yang berarti rakyat dan “kratos atau kratein” yang berarti kekuasaan atau berkuasa. Demokrasi dapat diartikan rakyat berkuasa atau “government or rule by the people” (pemerintahan oleh rakyat). Peran pemerintahan yang baik adalah landasan bagi penyusunan dan penerapan kebijakan negara yang demokratis dalam era globalisasi. Fenomena demokrasi ditandai dengan menguatnya kontrol masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah, sementara fenomena globalisasi ditandai dengan saling ketergantungan antar bangsa, terutama dalam pengelolaan sumber-sumber daya ekonomi. Pemerintah sebelumnya memegang kuat kendali pemerintahan, cepat atau lambat mengalami pergeseran peran dari posisi yang serba mengatur ke posisi sebagai fasilitator. dapat disimpulkan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi, dengan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan rakyat memiliki peranan penting dalam aspek kehidupan bernegara. Oleh karena itu sangatlah penting bagi masyarakat untuk mengetahui tentang cara berkehidupan, berbangsa dan bernegara atau dengan kata lain berdemokrasi. Tanpa adanya kesadaran demokrasi, maka tingkat partisipasi politik masyarakat juga rendah yang dapat berdampak pada terhambatnya pembangunan nasional. Kesadaran demokrasi dapat diperoleh melalui beberapa hal. Fokus dari sebuah masyarakat demokratis adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri dan ikut serta bertanggung jawab yang dapat dilakukan dalam banyak bentuk, salah satunya melalui aktivitas dalam perkumpulan suatu peran pemerintah.

Article Details

How to Cite
Rinda Septia Ningrum. (2022). PERAN PEMERINTAH TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI KEPADA MASYARAKAT (STUDI DESA SUMBERDADI, KECAMATAN TEGALDLIMO, KABUPATEN BANYUWANGI). Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(1), 6-17. https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.152
Section
Articles