Peningkatan Perekonomian Masyarakat melalui Pelatihan Massage dan Reposisi Cedera

DOI:

https://doi.org/10.46838/ic.v1i2.430

Keywords:

Massage; Peluang Usaha; Kebugaran

Abstract

Massage adalah salah satu perawatan tubuh dengan menggunakan kedua tangan pada bagian telapak tangan maupun jari-jari tangan. Dengan massage dapat memberikan manfaat berupa relaksasi, mengurangi nyeri, memperbaiki organ tubuh, dan memelihara kebugaran. Dengan mendapatkan massage/pijat diyakini peredaran darah akan semakin lancar, badan semakin relaks, tubuh lebih bugar dan berpengaruh pada peningkatan kesehatan. Terampil massage dapat membuka usaha baru yang akan memperbaiki kesejahteraan secara materi. Karena keberadaan seorang masseur/masseus sekarang sangat diperlukan, apalagi dalam olahraga. Tidak sedikit setiap klub sepak bola memiliki masseur/masseus yang handal dan para masseur/masseus menerima gaji besar. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan massage sebagai media untuk menciptakan peluan usaha bagi Masyarakat umum. Sasaran dalam pelatihan ini ditujukan pada mahasiswa aktif maupun Masyarakat secara umum. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode pemetaan social, sosialisasi, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan program dan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan berlangsung, diperoleh beberapa hasil positif diantaranya: 1) Peserta menunjukkan antusias yang tinggi. Hal ini disebabkan karena memang selama ini jarang ada kegiatan pelatihan yang berkaitan tentang massage atau pijat, dan 2) Para peserta aktif bertanya dan menceritakan berbagai pengalaman mengalami cedera. Peserta juga kooperatif dalam melakukan praktek massage secara bergantian. Kesimpulan dalam pelatihan ini adalah dengan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada remaja serta menumbuhkan semangat berwirausaha dibidang jasa sebagai pendongkrak tingkat perekonomian masyarakat.

References

Boediono, D. R. (1999). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. BPFE, edisi, 2.

Graha, A. S., & Priyonoadi, B. (2009). Terapi Masase Frirage Penatalaksanaan cedera pada anggota tubuh bagian atas. Yogyakarta: FIK UNY.

Priyonoadi, B. (2008). Sport massage. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri.

Rukka, M. R. (2011). Buku ajar kewirausahaan-1. Makassar: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.

Published

2023-12-29

How to Cite

Peningkatan Perekonomian Masyarakat melalui Pelatihan Massage dan Reposisi Cedera. (2023). INSAN CENDEKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 39-42. https://doi.org/10.46838/ic.v1i2.430