Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjas Pada Siswa SDLB di Probolinggo Tahun 2020

Authors

  • Annisa Maqfiroh Choirullita Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Wawan Setiawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
  • Lutfi Irawan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan jasmani, Siswa SDLB

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya perhatian secara khusus pada siswa SDLB di Probolinggo dalam pembelajaran penjas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswa SDLB di Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengunpulan data terdiri dari tiga tahapan. Yang pertama adalah observasi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara, dan yang terakhir guru mengisi angket. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani di lima SDLB yang ada di Probolinggo. Dengan jumlah total 19 guru. Analisis data menggunakan tekik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswaSDLB di Probolinggo berada dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 63,16%, kategori tinggi dengan persentase 36,84%, kategori rendah dengan persentase 0%, dan kategori sangat rendah 0%. Secara keseluruhan tingkat keterlaksanaan pembelajaran penjas pada siswa SDLB di Probolinggo berada dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 79,05%.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktik.

Bachri, B.S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Volume 10. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

Friskawati, G.F. (2015). Implementasi Pembelajaran Penjas Berbasis Masalah Gerak Pada Siswa Tunarungu. Volume 3. Jurnal Pendidikan UNISKA. STKIP Pasundan Cimahi.

Louk, M.J.H & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tuna Grahita Ringan. Volume 4. Jurnal Keolahragaan. Universitas Nusa Cendana kupang.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah.

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496

Published

2020-12-31

How to Cite

Annisa Maqfiroh Choirullita, Wawan Setiawan, & Lutfi Irawan. (2020). Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Penjas Pada Siswa SDLB di Probolinggo Tahun 2020. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(2), 97-101. Retrieved from http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/75