Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Siti Fajarwati Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Trenggalek
  • Vega Mareta Sceisarriya Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

Permainan Gobak Sodor, Minat Pembelajaran Gerak Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga khususnya pembelajaran gerak dasar lokomotor.Masih banyak yang tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan adanya penerapan permaian gobak sodor diharapkan dapat meningkatkan minat siswa. Berdasarkan batasan masalah maka penelitian membatasi permasalahannya yaitu pengaruh permainan gobak sodor terhadap minat siswa dalam gerak dasar lokomotor khususnya berlari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan gobak sodor pada minat siswa dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pretest-posttest. Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena melibatkan semua. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner   tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, data pretest, mendapatkan persentase 65% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan.Sedangkan, dari hasil data postest, mendapatkan persentase 87% yang menunjukan kriteria baik dan bisa digunakan. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh permainan gobak sodor terhadap minat siswa dalam mengikuti pembelajara gerak dasar lokomotor dapat digunakan dan diterapkan sebagai pengaruh minat belajar dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor pada siswa kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan.

References

Anggani, S. (2010). Sumber belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dwiyogo. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Hastie, P. (2006). Teaching Elementary Physical Education. United States: Pearson Education Inc.

Husna, M. (2010). Permainan Tradisional Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Maksum, A. (2012). Metodelogi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Pres

Rahayu, E. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Riadi, E. (2016). Statistik Penelitian. Yogyakarta: Cv Andi Offset

Setiawan, I. & Triyanto, H. (2014). Pengmbangan Permainan Tradisional Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Setiyono, Y., et.al. (2019). Pedoman Penyusunan Skripsi. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, H.D. (2006) . Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung : Falah production.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, A. (2015). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Wahyuni, I. (2010). Efektivitas Pemberian Permainan Gobak Sodor Terhadap Penyesuaian Sosial Sekolah Anak Dasar Negeri Cakraningrat Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Published

2020-12-31

How to Cite

Siti Fajarwati, & Vega Mareta Sceisarriya. (2020). Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Siswa Kelas V MI Plus Darunnajah Kelutan Tahun Pelajaran 2018/2019. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 1(2), 91-96. Retrieved from http://jurnal.icjambi.id/index.php/sprinter/article/view/74