Pengembangan Video Tutorial Latihan Kekuatan Otot Paha Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP PGRI Trenggalek

Authors

  • Muhammad Soleh Fudin STKIP PGRI Trenggalek
  • Tedy Wasis Nurcahyo STKIP PGRI Trenggalek
  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek
  • Vega Mareta Sceisarriya STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.217

Keywords:

Pengembangan, Video Tutorial, Latihan Kekuatan Otot Paha

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini sebagai informasi dan referensi serta untuk mengetahui apakah pengembangan video tutorial latihan otot paha layak dan dapat digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Peneliti mengambil keputusan dengan menggunakan 6 langkah pengembangan yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) perencanaan; 3) pengembangan draft produk awal; 4) uji coba lapangan awal; 5) revisi hasil uji coba; 6) uji kelayakan. Sampel penelitian menggunakan 2 teknik sampling yaitu simple random sampling untuk uji coba lapangan awal dan purposive sampling untuk uji kelayakan. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner semi terbuka dan kuesioner tertutup dengan skala likert. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 3,34 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 3,46 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian mahasiswa pada uji coba lapangan awal mendapatkan skor 3,52 dengan kategori sangat baik dan hasil uji kelayakan mendapatkan skor 3,37 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian penelitian ini mendapatkan 84,19% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan produk pengembangan video tutorial latihan kekuatan otot paha sangat layak dan dapat digunakan sebagai salah satu referensi media untuk latihan kekuatan otot paha.

References

Alamsyah, D. A. N., Hestiningsih, R., & Saraswati, L. D. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kebugaran Jasmani Pada Remaja Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 77–86.

Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tentang Isyarat-isyarat Wasit Bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan. In Journal of Physical Activity (JPA) (Vol. 1, Issue 2). https://journal.apopi.org/index.php/jpa

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Al-Mudarris, 1(1), 22–29.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Darkani. (2014). Kontribusi Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Paha dan Panjang Tungkai dengan Keterampilan Bermain Sepakbola Siswa Sekolah Sosial Olahraga Real Madrid Aceh. Jurnal Sport Pedagogy, 4(1). http://jurnal.unsyiah.ac.id/JSP/article/view/7285

Fudin, M. S., & Hariyadi, K. (2020). Development of a Football Game Modification Book for Primary School Physical Education and Health Teachers. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(3), 168–172.

Gustiani, S. (2019). Research and Development (R&D) Method as a Model Design in Educational Reserch and its Alternatives. Holistics (Hospitality and Linguistics) : Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris, 11(2). https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/1849

Kuswari, M. (2012). Periodesasi Latihan. Murykuswari10.Wordpress. https://murykuswari10.wordpress.com/2012/06/10/periodesasi-latihan/

Laksono, B. A., & Widiyanto. (2016). Pengembangan Model Body Weight Training untuk Latihan Otot Perut. MEDIKORA, 15(2), 39–58. https://journal.uny.ac.id/index.php/medikora/article/view/23144

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pamungkas, A. P. (2019). Pengembangan Media Pelatihan Kekuatan Otot Sepakbola Berbasis Android untuk Usia 12-14 Tahun. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian, 20(2). https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/872

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. In Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan ke-30). Bandung: CV. Alfabeta.

Suharjana, & Purwanto, H. (2008). Kebugaran Jasmani Mahasiswa di PGSD Penjas FIK UNY. Pendidikan Jasmani, 5(2), 64–73.

Wahyuni, I. (2019). Pemilihan Media Pembelajaran. Docplayer. https://docplayer.info/113469759-Pemilihan-media-pembelajaran.html

Wedi, Umar, & Welis, W. (2019). Pengaruh Metode Latihan Beban dengan Gerakan Cepat dan Gerakan Lambat terhadap Peningkatan Hipertrofi Otot Paha. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 30–35. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/JKP/article/view/2440/2613

Published

2022-04-30

How to Cite

Muhammad Soleh Fudin, Tedy Wasis Nurcahyo, Khamim Hariyadi, & Vega Mareta Sceisarriya. (2022). Pengembangan Video Tutorial Latihan Kekuatan Otot Paha Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP PGRI Trenggalek . SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 141-148. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.217