Optimalisasi Pembelajaran Perkembangan dan Belajar Motorik Melalui Smartclass Selama PTM di Masa Covid 19

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.208

Keywords:

Kualitas Proses Pembelajaran, Smartclass, Pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi smartclass dan pengaruhnya terhadap prestasi mahasiwa. Penelitian ini menggunakan rancangan Eksperimen The Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini menggunakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani di STKIP PGRI Jombang. Teknik sampling yang di gunakan yaitu Tekhnik Purposive Sampling dengan jumlah penelitian ini berjumlah 62 mahasiswa. Analisis data menggunakan deskriptif dan inferensial dengan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan dari kualitas proses pembelajaran menggunakan smartclass sama-sama memiliki kualitas yang katagori baik, tetapi ada perbedaan mean dan persentase. Persentase kelompok perlakuan 93.92% sedangkan persentase kelompok kontrol 91.75%. Berdasarkan uji hipotesis nilai probabilitas perlakuan kurang dari 0,05 yakni sebesar 0,000. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Artinya ada perbedaan antara smartclass dengan kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah pengunaan smartclass dengan yang ada perbedaan meskipun kualitas proses pembelajaran dalam katagori yang sama. Saran penelitian, untuk meningkatkan kualitas dan prestasi mahasiswa keberadaan smartclass dapat mendukung.

References

Baktiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (1st ed.). UNP Press Padang.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah, Pub. L. No. 21 tahun 2016, 1 (2016).

Caroll, T. G. (2007). Building a 21st Century U.S. Education System. the National Commission on Teaching and America’s Future.

Cresswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitatif, and Mixed Methodes Approcahes. SAGE Publication, Inc.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Chosing Among Five Approaches (Fourth Edi). SAGE Publication, Inc.

Hung, N. C., Lin, S. H., Chi, M. H., Lin, C. H., Chen, P. S., Lee, I. H., Chen, K. C., & Yang, Y. K. (2016). Poor performance of fine motor activity among biological parents of children with attention deficit/hyperactivity disorder. Kaohsiung Journal of Medical Sciences, 32(12), 630–633. https://doi.org/10.1016/j.kjms.2016.10.001

Junaidi April. (2015). Internet Of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya : Review. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, IV(3), 62–66.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom ’ s Taxonomy : 41(4), 212–219.

Lavin, J. (2008). Creative Approaches to Physical Education Helping.

Lin, C. K., Meng, L. F., Yu, Y. W., Chen, C. K., & Li, K. H. (2014). Factor analysis of the Contextual Fine Motor Questionnaire in Children. Research in Developmental Disabilities, 35(2), 512–519. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2013.11.007

Lobo, M. A., & Galloway, J. C. (2013). Assessment and stability of early learning abilities in preterm and full-term infants across the first two years of life. Research in Developmental Disabilities, 34(5), 1721–1730. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2013.02.010

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga (p. 29). Universitas Negeri Surabaya.

Partnership for 21st Century Skills, Education & Competitiveness A Resource And Policy Guide. (2008). Partnership for 21 St Century Skills.

Rink, J. E., & Hall, T. J. (2008). Research on Effective Teaching in Elementary School Physical Education Physical Education. 108(3), 207–218.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi 2013. PT Bumi Aksara.

Saputra, N. (2018). Perancangan Smart Class Berdasarkan Kultur Kampus Di Indonesia. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Universitas PGRI Yogyakarta, 2018(Senadi), 53–60.

Sriwahyuniati, F. (2017). Belajar Motorik (Pertama). UNY Press.

Tough Choices or Tough Times National Center on Education and the Economy. (2007). National Center on Education and The Economy.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Published

2022-08-01

How to Cite

Optimalisasi Pembelajaran Perkembangan dan Belajar Motorik Melalui Smartclass Selama PTM di Masa Covid 19. (2022). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 87-95. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.208