Survei Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK Pada SMA/SMK Se-Kecamatan Karangasem Di Kabupaten Karangasem Tahun 2021/2022

Authors

  • I Nyoman Kurniawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Panca Adi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.168

Keywords:

Pemetaan, Sarana dan Prasarana

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pemetaan sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK se-Kecamatan Karangasem. Jenis penelitian yang penulis pilih merupakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini mengambil sampel dari keseluruhan jumlah populasi yaitu SMA/SMK yang ada dise-Kecamatan Karangasem. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara dengan guru PJOK di masing masing sekolah tepatnya dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sumber data atau objek penelitian, dan mencatat data yang diperlukan menggunakan lembar observasi. Jumlah sarananya yaitu 987 sarana kemudian yang berkondisi baik sebanyak 834 buah dengan persentase 84,4%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi buruk sebanyak 153 buah dengan persentase 15,6%. Kemudian, yang miliki sendiri sebanyak 987 sarana dengan persentase 100%, untuk yang menyewa sebanyak 0 sarana dengan persentase 0 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 987 buah serta yang berkondisi standart sebanyak 954 sarana dengan persentase 96,6 %, untuk yang modifikasi sebanyak 33 sarana dengan persentase 3,4 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 987. Jumlah fasilitas Prasarana keseluruhannya yaitu 51 Prasarana  dan yang berkondisi baik 51 dengan persentase 100 % berkondisi baik dan yang berkondisi rusak yaitu 0 dengan persentase 0%  artinya semua fasilitas di Smk/Smk Se-Kecamatan Karangasem ini berkondisi Baik.

References

Andri Aritianto, S. H. (2015). Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 355–360.

Dartija, D. (2015). Olahraga Pendidikan Di Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 84–91.

Febrianta, Y., & Sukoco, P. (2013). Upaya Peningkatan Pembelajaran Permainan Bolabasket Melalui Metode Pendekatan Taktik Siswa Smpn 2 Pandak Bantul. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 186–196.

Firdaus, M., & Purnomo, A. M. I. (2015). Pemanfaatan Taman Rekreasi Selomangkleng (Klotok) Sebagai Sarana Dan Prasarana Olahraga Masyarakat Di Kota Kediri. Jurnal Sportif, 1(1), 81–99. Https://Doi.Org/10.29407/Js_Unpgri.V1i1.649

Ghiffary, M. (2020). Survei Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Tingkat Smp Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 34–41. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i1.29638

Ginanjar, A., Suherman, A., Tite Juliantine, Y. H. (2018). Development Of Indonesia Scientific Publications On Physical Education In Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Penjas/Index

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. Https://Doi.Org/10.26858/Jekpend.V1i1.5057

Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Kanca, I. N. (2010). Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Oahraga. Fok Singaraja.

Ketaren, A. M. A. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29–40. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjp/Article/View/36744

Made, Dr. I Tegeh, S.Pd., M. P. (2017). Metode Penelitian Pendidikan.

Mahdila, R., & Saputra, E. (2015). Sistem Informasi Pemetaan Kualitas Pendidikan Di Kota Pekanbaru Berbasis Web. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(2), 1–5.

Muhajirin, I. (2016). Mapping Peminatan Dan Manajemen Kelas Bakat Istimewa Olahraga (Kbio) Sma Negeri 1 Slogohimo Di Kabupaten Wonogiri (Vol. 5, Issue December).

Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945

Prabawa, I. P. A. E. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Feedback Visual Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2018 / 2019. 7(2), 45–52.

Pratama, A. C., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564.

Purbatin, Y., & Suroto. (2017). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Studi Pada Sd, Smp, Dan Sma Negeri Se- Kecamatan Prambon Ngajuk). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, 05(03), 897–902.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru Pjok Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (Jope), 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.2.1.10-15

Sinta, T., Fatimah, N., & Hidayah, R. (2021). International Journal Of Active Learning The Development Of Cihoe Game As A Learning Media In The Elemental Chemistry Material. 6(2), 49–57.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian.

Uu No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden Ri, 1, 1–53.

Uu Nomor 24 Tahun 2007. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Ятыатат, Вы12у(235), 245. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/11478/16/16. Bab Ii.Pdf

Widodo, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V3i1.2059

Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik Di SMP Negeri 1 Ngaglik. Skripsi.

Published

2022-07-28

How to Cite

I Nyoman Kurniawan, I Putu Panca Adi, & I Gede Suwiwa. (2022). Survei Pemetaan Sarana Prasarana Pembelajaran PJOK Pada SMA/SMK Se-Kecamatan Karangasem Di Kabupaten Karangasem Tahun 2021/2022. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(2), 68-76. https://doi.org/10.46838/spr.v3i2.168