Perbedaan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PJOK saat Pembelajaran Daring dan Luring

DOI:

https://doi.org/10.46838/spr.v3i1.142

Keywords:

Daring, Luring, Minat belajar siswa Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat siswa dalam melakukan dua metode pembelajaran yang berbeda yakni antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring khususnya pada mata pelajaran PJOK.Penelitian ini merupakan peneltian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di MTs Sabillul Mutaqin dengan sampel siswa kelas VIII yang berjumlah 143 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dalam angket tersebut terdiri dari 9 indikator yang mencakup 18 aspek pernyataan dari minat belajar siswa dalam pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Hasil penelitian mendapatkan jumlah  nilai 300 dan jumlah nilai pembelajaran luring 379 dengan nilai rata-rata 60 untuk pembelajaran daring dan 76 untuk pembelajaran luring. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran daring dan pembelajaran luring dalam penelitian ini pembelajaran luring lebih di minati oleh siswa kelas VIII Mts sabillul mutaqin dari pada pembelajaran daring. Hal ini dapat menjadi evaluasi bagi guru terutama pada guru PJOK supaya lebih kreatif dan inovatif lagi saat melakukan pembelajaran agar minat siswa dapat timbul saat proses pembelajaran berlangsung pada masa pandemi seperi ini.

References

Ambarita, J., Jarwati & Restanti, K. D. (2020). Pembelajaran luring. indramayu: CV. Adanu Abimata

Dewi, F. A. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal ilmu Pendidikan

Djaali. (2007.) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hadisi. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal AL-Ta’dib

Majid. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: UNESA UNIVERSITY PRESS

Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleran di Masyarakat. Jurnal Vijjacariya

Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta. Sibuku Media

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2020). PP Nomor 21 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang

UU RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 31 ayat 2 Tentang Pendidikan Nasional

Published

2022-03-31

How to Cite

Perbedaan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PJOK saat Pembelajaran Daring dan Luring . (2022). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(1), 16-24. https://doi.org/10.46838/spr.v3i1.142