Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Teknik Dasar Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.46838/spr.v2i3.136Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Bola VoliAbstract
Pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan LKS menyebabkan kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi teknik dasar bola voli, maka dibutuhkan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang teknik dasar bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif materi teknik dasar bola voli siswa kelas XI SMA Negeri 2 Trenggalek. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari R&D dengan menggunakan metode ADDIE, yaitu: (1) Analyze, (2) Development, (3) Desiign, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis menggunakan analisis kuantitatif, sedangkan statistik deskriptif atau analisis diskriptif adalah jenis analisis statistik yang bermaksud mendiskripsikan sifat-sifat sampel atau populasi. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli media 84 % (baik), ahli materi pembelajaran 90 % (baik), uji coba kelompok kecil 92 % (sangat baik), dan uji kelompok besar 76 % (baik).
References
Arikunto, suharsini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. A. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
Manalu, D. L., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan multimedia interaktif latihan kekuatan pada matakuliah spesialisasi kondisi fisik dasar bagi mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Sport Science and Health, 2(1), 49–57.
Nuzulia, I. F. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Integral di Kelas Xii MAN Darussalam Aceh Besar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Peluang, 4(1).
Rosdiani, D. (2013). Perencanaan pembelajaran dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. . Bandung: Alfabeta.
Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (Februari). CV. Alfabeta.
Tapo, Y. B. O. (2019). Pengembangan model latihan sirkuit pasing bawah T-Desain (SPBT-Desain) bola voli sebagai bentuk aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PJOK untuk tingkat sekolah menengah. Jurnal Imedtech--Instructional Media, Design and Technology, 3(2), 18–34.
Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Yogyakarta: Laksitas, 37.
Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.