Pengembangan Media Buku Saku Penanganan Cedera Dan Macam-Macam Cedera Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMAN 1 Gondang
Keywords:
Cidera, Ekstrakurikuler, Media Buku Saku, PengembanganAbstract
Secara umum cedera dapat terjadi kapan saja dan di mana saja begitupun sulit untuk dihindari. Pengetahuan mengenai penanganan cedera olahraga dan macam-macamnya cedera dalam berolahraga sangat penting untuk siswa ataupun pelatih dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga atau dalam aktivitas fisik sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk sumber belajar yaitu berupa media buku saku dalam memperkenalkan pengatahuan terkait penanganan cedera olahraga dan macam-macam cedera dalam berolahraga untuk siswa SMA. Pada penelitian ini menggunakan prosedur atau model penelitian ADDIE. Model pengembangan ADDIE adalah salah satu model desain sistem pembelajaran yang memperlihatkan tahapan-tahapan dasar untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan. Teknis analisis data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kualitatif diperoleh berdasarkan observasi dan Kuesioner menggunakan Skala Likert. Selanjutnya dalam pengolahan data yang bersifat persentase. Hasil penelitian dan pengembangan buku saku dengan pokok bahasan materi penanganan cedera dan macam-macam cedera ini dikategorikan layak. Berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 80,2%. Sedangkan berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh 85,3%. Secara keseluruhan media buku saku ini telah dinyatakan layak digunakan dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam penanganan cedera dan macam-macam cedera olahraga untuk siswa SMA setelah melalui dua tahap uji coba.
References
Anam, A. S., & Scesiarriya, V. M. (2020). Pengembangan Permainan Hadang Motorik untuk Materi Keterampilan Gerak Dasar di MI Yapendawa Bendorejo. Penjaga : Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 12–15.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. RINEKA CIPTA.
Diana Darmawati, T., Rahayu, A. R., & R.C. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116.
Edukatif, B., & Alam, B. (2018). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612
Hendra, A., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan. Penjaga : Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 25–29.
Khadavi, M. R., & Ulfah, W. A. (2019). Workshop Pelatihan Pencegahan Dan Perawatan Cidera (PPC) Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Kecamatan Gerunggung Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 1–25.
Maksum, A. (2012). METODOLOGI PENELITIAN dalam Olahraga.
Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). Pengembangan buku saku pengenalan pertolongan untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 15–22.
Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan Dan Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMA/MAN/Sederajat Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 101–110.
Putro, B. N., Kurniawan, A., & Fudin, M. S. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Man To Man Defense Bola Basket Untuk Pelatih. Journal Sport Area, 3(2), 111. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2326
Sanusi, R., Surahman, F., & Yeni, H. O. (2020). Pengembangan Buku Ajar Penanganan dan Terapi Cedera Olahraga. Journal Sport Area, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4761
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. 41–55.
Sukarmin, Y. (2006). Petunjuk Praktis Pencegahan Kecelakaan Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Pertama Dan Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1), 72–81.
Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51–55. https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.750