PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 3 MELAYA

Authors

  • Sri Sedar Marhain Dosen Pendidikan Kewarganegaraan Universitas PGRI Banyuwangi
  • I Ketut Winata Program Studi Bimbingan dan Koseling Univeristas PGRI Banyuwangi
  • Kartini Ayu Trisna wati Dosen BK Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.46838/jbic.v2i1.62

Keywords:

konseling bihabioral, teknik token ekonomi, membolos, smpn 3 melaya

Abstract

Sekolah adalah tempat dimana para siswa mendapat kesempatan mengaktualisasikan dirinya, baik itu dalam berkomunikasi, dalam bertingkah laku, dalam bergaul dan belajar.  Berbagai usaha telah dilakukan agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengikuti berbagai kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam upaya mencapai keberhasilan ini tentunya terdapat beberapa hambatan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu hambatan tersebut adalah perilaku membolos siswa. Penelitian yang dilakukan ini diadaptasi dari PTK hanya saja lebih mengkhusus ke bidang bimbingan konseling yang disebut Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Rancangan PTBK pada dasarnya sama dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan didasarkan pada filosofi bahwa setiap manusia tidak suka atas hal-hal yang statis, tetapi selalu menginginkan sesuatu yang lebih baik. Peningkatan diri untuk hal yang lebih baik ini dilakukan terus menerus sampai tujuan tercapai. Hasilnya adalah Berdasarkan hasil penelitian bahwa konseling behavioral dengan token economy dapat membantu meminimalisir  perilaku membolos tinggi siswa kelas IX F SMP Negeri 3 Melaya. Ini terbukti dari rata-rata penurunan perilaku membolos siswa mencapai 35.65%.

Published

2020-06-30 — Updated on 2021-06-18

Versions

How to Cite

Sri Sedar Marhain, I Ketut Winata, & Kartini Ayu Trisna wati. (2021). PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MEMINIMALISIR PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 3 MELAYA. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 91-109. https://doi.org/10.46838/jbic.v2i1.62 (Original work published June 30, 2020)