PUBLICATION ETHICS

Jurnal Cendekia merupakan  jurnal peer-review. Jurnal ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE) yang menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus-kasus penelitian dan pelanggaran publikasi. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, Pemimpin Editor, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit (MAN Insan Cendekia Jambi) ). urnal Cendekia didedikasikan untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktik publikasi adalah salah satu tanggung jawab penting dewan editorial. Segala bentuk perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Jurnal Cendekia mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika berkualitas tinggi untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas. Sebagai masalah penting, etika publikasi perlu dijelaskan dengan jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian di seluruh dunia. Pada bagian ini, kami menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan pengulas. Penerbit tidak berhak untuk mengganggu integritas konten dan hanya mendukung untuk mempublikasikan secara tepat waktu.

Jurnal Cendekia merupakan portal publikasi ilmiah berbasis Open Journal System (OJS) yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka. Jurnal Cendekia dikelola oleh tim jurnal Pendidikan yang saat ini masih berbenah dan melengkapi serta memperbaiki sistem manajemen publikasi ilmiah ini. Setelah berbagai persyaratan dan prosedur sudah dilengkapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, Jurnal Cendekia akan melakukan proses pengajuan E-ISSN maupun P-ISSN ke pihak yang berwenangserta akan terus meningkatkan kualifikasi jurnal. ide, Saran dan masukan sangat diharapkan untuk menjadikan portal Jurnal Cendekia pada websitehttp://jurnal.icjambi.id/ini menjadi lebih baik lagi.

Tugas Penulis

Orisinalitas dan Plagiarisme:

Penulis harus mematuhi segala peraturan penulisan karya ilmiah yang berlaku umum. Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli sepenuhnya. Penulis harus mempresentasikan naskah mereka dengan jujur ​​dan tanpa pemalsuan atau manipulasi data yang tidak pantas. Plagiarisme dan pemalsuan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Publikasi ganda:

Secara umum penulis tidak boleh menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima

Pengakuan Sumber:

Penulis harus mengakui sumber data dan literatur yang  digunakan dalam naskah yang akan diterbitkan. Literatur primer harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.

Validasi dan Verifikasi Naskah:

Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah yang akan diterbitkan.

Subjek Manusia atau Hewan:

Penulis harus mengidentifikasi dengan jelas dalam manuskrip jika pekerjaan tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya.

Tugas Editor

Keputusan Publikasi:

Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi untuk kepentingan orisinalitas dan menjaga kualitas ilmiahnya. Editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah apabila dijumpai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh jurnal ditinjau untuk konten intelektualnya tanpa mempertimbangkan jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll dari penulis.

Tugas Peninjau

Kerahasiaan:

Informasi mengenai naskah yang diserahkan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi istimewa dan tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh editor.

Pengakuan Sumber:

Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam naskah. Reviewer  atau peninjau harus segera memberi tahu pihak pengelola jurnal jika mereka menemukan penyimpangan naskah, seperti plagiarisme, atau publikasi berganda atau bersamaan dengan jurnal lain, atau menduga bahwa pelanggaran mungkin telah terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah.

Standar Objektivitas:

Tinjauan naskah yang diserahkan harus dilakukan secara obyektif dan pengulas harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung. Peninjau harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka.

Informasi atau ide yang diperoleh harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Dalam meninjau naskah, peninjau tidak boleh memiliki subjektifitas kepentingan, kolaborasi, hubungan atau koneksi lainnya dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun.

Jangka waktu peninjauan:

Peninjau harus merespons dalam jangka waktu yang masuk akal. Peninjau hanya setuju untuk meninjau naskah jika mereka cukup yakin dapat mengembalikan ulasan dalam jangka waktu yang diusulkan atau disepakati bersama. Peninjau harus segera menginformasikan ke pengelola jurnal jika mereka memerlukan perpanjangan waktu peninjauan. Jika peninjau merasa tidak mungkin untuk menyelesaikan peninjauan naskah dalam waktu yang ditentukan, maka informasi ini harus dikomunikasikan kepada editor atau pengelola jurnal, sehingga naskah dapat dikirim ke peninjau lain.